Penyebab Rambut Rontok Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Oktober 17, 2015
 green angelica - dokter rambut

www.dokterrambut.org 
- pada umumnya Rambut rontok ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun anak-anak bahkan balita-pun beresiko mengalami kerontokan rambut. bagaimana cara mengatasi Masalah kerontokan rambut pada anak harus segera dicarikan solusinya, agar kerontokan pada anak tidak semakin parah.

Cara mengatasi rambut rontok pada anak
 harus diketahui oleh ibu-ibu dengan baik, supaya penanganan rambut rontok pada anak bisa dilakukan dengan maksimal. Baca: Panduan Merawat Rambut Bayi dan Balita 
Sebenarnya kerontokan rambut pada balita merupakan hal yang wajar, karena rambut balita akan memasuki fase istirahat dalam pertumbuhannya. Tahap pertumbuhan berlangsung selama sekitar tiga tahun dan tahap istirahat berlangsung sekitar tiga bulan. Namun sebagai Ibu, Anda juga perlu mengetahui penyebab rambut rontok pada anak untuk memastikan langkah preventif untuk mengantisipasi hal tersebut.
Berikut ini merupakan penyebab kerontokan pada anak, diantaranya adalah :
  1. Karena Infeksi Jamur Tinea Capitis
    Rambut rontok pada Anak disebabkan oleh infeksi jamur Tinea Capitis. Jika seorang anak terkena infeksi jamur ini, maka kulit kepala Anak akan muncul bintik-bintik kecil berwarna hitam. Jamur ini muncul karena penggunaan topi, sisir, maupun bantal yang kurang bersih. Untuk mengatasinya gunakan shampo anti jamur yang mengandung Selenium Sulfide atau Ketoconazole.
  1. Pengaruh Alopecia Areata
    Sekitar 25 persen anak akan mengalami kerontokan rambut karena Alopecia Areata. Aloepecia Areata muncul karena sistem kekebalan tubuh anak yang kurang bagus, sehingga mudah terserang virus yang mengakibatkan rambut rontok. Kerontokan ini tidak menular namun Anda perlu mengoleskan krim yang mengandung corticosteroid untuk mengatasi kerontokan agar tidak semakin parah.
  1. Karena Hypothyroidism
    Saat kelenjar tiroid tidak berfungsi, maka anak-anak rentan mengalami hipotiroidisme yang berujung pada kerontokan rambut. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan tes darah atau scanning untuk mendeteksi kemampuan kelenjar tiroid tersebut.
Jika kerontokan rambut pada Anak semakin parah dan mengakibatkan rambut menipis, maka cara alami menumbuhkan rambut anak karena kerontokan adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Ekstrak minyak kemiri dikenal amuh dalam menumbuhkan rambut bayi dengan cepat dan lebat. Minyak kemiri juga berfungsi untuk memperbaiki sel-sel rambut yang telah rusak, melembutkan rambut serta menyuburkannya. Oleskan minyak kemiri pada anak setelah mandi secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Itulah tips mengatasi kerontokan rambut pada anak, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.