Ketahuilah Peran dan Tugas Seorang Desainer

Desember 30, 2015



 

Banyak orang yang berprofesi sebagai desainer. Tidak bisa dipungkiri bahwa profesi ini menjadi profesi yang populer bagi orang-orang di jaman modern seperti. Selain untuk menyalurkan hobi dan bakat, profesi desainer juga dilatar belakangi oleh cita rasa seni yang cukup tinggi. Banyak juga yang mengatakan bahwa pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar, mungkin inilah filosofi yang selalu ditanamkan di hati seorang Desainer.
Setiap desainer pasti ingin menciptakan karya terbaik yang mampu memberi solusi visual bagi para kliennya. Karya desain yang dihasilkan oleh desainer merupakan perpaduan antara ekspresi visual (seni rupa) dan verbal (bahasa) yang bertujuan menginformasikan, membujuk, dan menjual suatu produk atau jasa. Unsur visual dan bahasa disatukan dalam bentuk sajian barang cetak yang menarik pembaca.
Profesi Seorang Desainer Dilatar belakangi Oleh Hobi dan Jiwa Seni yang Tinggi

Jadi, secara umum ada dua tugas penting seorang desainer, yaitu : (1) Menyampaikan pesan atau informasi kepada audiens secara jelas. (2) Menciptakan desain yang menarik dan mengesankan sehingga informasi yang disampaikan dapat menimbulkan hasrat atau membujuk target audiens.
Desainer memiliki dua peran sekaligus, yakni sebagai senirupawan dan komunikator. Sebagai pekerja seni, ia berhubungan erat dengan masalah keindahan (estetika), seperti pemilihan warna, ilustrasi, tipografi, dan layout. Sementara itu sebagai komunikator, ia mempunyai tugas memvisualkan pesan-pesan verbal sejelas mungkin agar dapat ditangkap oleh adiens secara mudah dan menyenangkan.
Tujuan utama membuat karya visual tentu bukan semata-mata mengekspresikan seni sebagaimana seorang pelukis, melainkan menyampaikan pesan dan menciptakan sajian visual yang komunikatif dan mampu mengunggah hasrat (exciting). Dalam upaya menangkap perhatian dan membujuk audiens, desainer perlu menyusun teks, gambar, ilustrasi, foto, logo, slogan, dan unsur-unsur desain lainnya dalam satu desain yang komunikatif, estetis, dan harmonis.
Dengan demikian, seorang desainer perlu memahami elemen-elemen desain dan juga prinsip-prinsip desain sebagai fundamental. Lebih dari itu, desainer dituntut tanggap terhadap perkembangan sosial, terutama menyangkut gaya hidup berbagai segmen masyarakat yang sangat dinamis dan heterogen.
Baca juga : 5 Unsur Dalam Desain Grafis
Desainer Handal adalah Desainer yang Mampu Menciptakan Karya Terbaik dan Memberi Solusi Visual Bagi Para Kliennya

Itulah peran dan tugas seorang desainer yang perlu Anda ketahui. Sudah seharusnya kita bisa menghargai karya seorang desainer sebagai kekayaan intelektual yang berharga cukup tinggi.

https://saveassite.wordpress.com/2015/12/29/ketahuilah-peran-dan-tugas-seorang-desainer/

 

 Nama: Danus Kota: Surabaya No.Tlp: 085730513197

URL: https://saveassite.wordpress.com/2015/12/29/ketahuilah-peran-dan-tugas-seorang-desainer/ Email: hai.ardiansah@gmail.com